Apakah Anda Pernah Mendengar Ban Asimetris ? Berikut Penjelasan Dan Keuntungannya

  • Whatsapp
 mungikin masih jarang mendengar apa itu ban asimetris Apakah Anda Pernah Mendengar Ban Asimetris ? Berikut Penjelasan Dan Keuntungannya

Bagi sebagian orang, mungikin masih jarang mendengar apa itu ban asimetris. Oh ya, simetris itu jika diartikan secara sederhana adalah seimbang atau sama. Jika sebelah kanan mempunyai pola “U”, maka sebelah kiri juga mempunyai pola “U”. Itulah yang dibuat untuk ban – ban simetris pada umunya.

Ban asimetris adalah ban yang memiliki pola tapak asimetris ( pola tapak yang berbeda ), berbeda dengan ban biasa yang memiliki pola tapak simetris. Ban asimetris adalah ban yang mempunyai kinerja tinggi. Karena kinerjanya yang tinggi,  maka ban asimtersi  biasanya diaplikasikan untuk sedan sport, mewah, & SUV. Namun saat ini, ban asimetris juga semakin populer digunakan untuk kendaraan – kendaraan sedan kecil.

Read More

Mengapa ban asimetris mempunyai kinerja yang baik ? karena untuk memasang ban ini di pelek,  kita tidak memakai petunjuk arah gelinding, melainkan petunjuk bagian dalam dan bagian luar ban. Pada bagian dalam digunakan untuk membuang air, sementara bagian luar untuk bermanuver di jalan kering. Intinya ban asimetris ini mengoptimalkan pengendalian di kering dan basah. Hal ini menunjukkan kalau telapak asimetris dinilai baik untuk digunakan di segala jenis cuaca dengan kenyamanan yang optimal.

 mungikin masih jarang mendengar apa itu ban asimetris Apakah Anda Pernah Mendengar Ban Asimetris ? Berikut Penjelasan Dan Keuntungannya
pola tapak ban asimetris

Seperti yang terlihat pada gambar pola tapak ban asimetris diatas bahwa bentuk pola antara posisi luar ( outer portion ) dan posisi dalam ( inner portion ) sangat mencolok perbedaannya. Yang mana pola telapak luar memiliki bentuk lebih lebar dan pola tapak melengkung keatas, sedangkan pada pola bagian dalam memiliki jarak lebih kecil dan pola lengkungan ke bawah.

Lebih jauh lagi, secara teknik bagian luar ban akan membantu kekuatan ban saat menikung dan mempertahakan gaya yang kuat pada permukaan jalan yang kering. Dengan demikian, manuver kendaraan akan ditingkatkan secara signifikan. Sedangkan pada sisi ban bagian dalam, fungsinya adalah mengeluarkan air dari dalam tapak ban untuk mencegah terjadinya tergelincir pada permukaan yang basah. Hebatnya lagi, ini juga menambah daya cengkram saat kendaraan melaju kencang pada jalan lurus.

Keuntungan menggunakan ban asimetris :
1. Ban bekerja lebih baik saat digunakan untuk jalan biasa atau bermanuver
2. Meningkatkan keamanan berkendara pada jalan kering dan basah
3. Mengurangi resiko bahaya aquaplaning ( ban mengambang saat terkena air pada kecepatan tinggi )
4. Konsusi bahan bakar lebih efisien

Demikianlah penjelasan mengenai ban asimetris, dengan banyaknya kelebihan dibanding dengan ban simetris, maka sudah jelas jika ban asimetris memiliki harga lebih mahal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *