Apa Itu Wastegate Pada Turbocharge Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

  • Whatsapp
 Salah satu cara yang digunakan oleh pabrikan untuk mendongkrak tenaga pada mesin yang dib Apa Itu Wastegate Pada Turbocharge Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Salah satu cara yang digunakan oleh pabrikan untuk mendongkrak tenaga pada mesin yang dibuatnya adalah menambahkan turbocharge. Saat ini desain dari turbocharge telah dilengkapi dengan wastegate. Teknologi ini berfungsi membantu mesin menghasilkan kinerja yang optimal selama kondisi pada putaran tinggi.  Selain itu katup pada wastegate mencegah turbocharge mengalami over running ( kelebihan putaran ). Selain itu, ini juga mencegah mesin dari over-boost dan mencegah kerusakan mekanis.

Read More

Fitur dari wastegate yang ada  pada turbocharge bekerja seperti katup yang bekerja secara bypass. Katup akan menutup dan membuka sesuai dengan kondisi mesin yang mana pada kondisi tertentu gas buang akan dialirkan secara langsung ke arah pembuangan tanpa melewati bilah turbocharge.

Pada konsturksi dibagian dalam turbocharge terdapat katup wastegate dan bagian berlubang didalamnya. Jadi, ini memungkinkan terjadinya beberapa dorongan tekanan untuk masuk ke bagian ini. Kemudian gas pembuangan ini secara otomatis akan disalurkan untuk melewati catalytic conventer dan keluar ke pipa knalpot.

Selain itu pada mobil yang menggunakan mesin bensin, turbocharge wastegate bisanya digunakan untuk mobil – mobil yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk membatasi jumlah gas tekanan pendorong. Efeknya, pengemudi akan merasakan perubahan tekanan melalui melalui tabung yang dimasukkan ke helm mereka.

Turbocharger wastegate memiliki empat jenis  pengontrol yang berfungsi membuka dan menutup katup, yaitu :

  1. Manual
  2. Pneumatik
  3. Listrik
  4. Hidrolik
Kelebihan Turbocharge yang menggunakan wastegate yaitu :

  1. Membutuhkan ruang yang lebih kecil agar pas.
  2. Mengurangi turbo lag sampai batas tertentu.
  3. Pemasangan sistem pipa knalpot eksternal yang ringkas dan sederhana. Sehingga, mengurangi bobot mesin.
  4. Memberikan kinerja engine optimal setiap saat.
  5. Menghindari kerusakan mekanis pada bagian-bagian mesin.
Demikianlah penjelasan dari kami mengenai apa itu wastegate pada turbocharge dan bagaimana cara kerjanya. Semoga kalian dapat memahami pengetahuan ini dengan baik sehingga kedepan dapat mengetahui salah satu penyebab kerusakan pada turbocharge.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *