Apa Itu Teknologi Regeneratif Rem ( Regenerative Brake ) Pada Mobil, Bagaimana Cara Kerjanya ?

  • Whatsapp

Sistem pengereman regeneratif adalah sistem pengereman yang canggih dimana digunakan bersamaan dengan sistem pengereman konvensional pada kendaraan listrik ataupun kendaraan hybrid.

Pada rem konvesional, bekerja dengan cara merubah energi mekanik menjadi energi panas. Namun ternyata panas yang dihasilkan dari gesekan antara sepatu rem dengan piringan / tromol menjadi sia-sia. Dengan adanya teknologi regeneratif rem, maka energi panas yang sia-sia dapat dipergunakan kembali menjadi energi listrik yang bermanfaat. Dimana sistem akan menangkap dan mengubah menjadi energi listrik untuk mengisi daya baterai.

Read More

Sistem pengereman regeneratif pada mobil listrik ataupun hybrid memiliki sebuah motor penggerak. Motor ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai penggerak untuk menggerakkan kendaraan dan sebagai generator untuk untuk mengisi daya pada baterai.

Motor akan bekerja sebagai penggerak pada satu putaran tertentu, dan menjadi generator untuk mengisi baterai pada putaran berlawanan. Ketika bekerja sebagai motor penggerak, motor mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dan menggerakkan roda. Nah, ketika kendaraan melakukan pengereman, arah putaran motor menjadi berlawanan. Sederhanannya adalah jika menjadi motor penggerak, motor berputar searah jarum jam. Maka ketika menjadi generator berputar berlawanan arah jarum jam. Pada prinsip mobil listrik atau hybrid, bahwa putaran sebaliknya yaitu pada mode generator, dengan demikian hal ini dapat memperlambat  roda.

Sistem pengereman regeneratif adalah sistem pengereman yang canggih dimana digunakan bersa Apa Itu Teknologi Regeneratif Rem ( Regenerative Brake ) Pada Mobil, Bagaimana Cara Kerjanya ?
Aliran Energi Pada Mobil Hybrid Pada Kondisi Normal

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa pada mobil hybrid pada kondisi normal, bahwa aliran energi berasal dari mesin ataupun baterai, tergantung pada kondisi kendaraan apakah pada kecepatan tinggi atau rendah yang pada akhirnya akan diteruskan ke setiap roda.

Aliran Energi Pada Mobil Hybrid Pada Kondisi Pengereman

Sebaliknya, ketika terjadi pengereman pada mobil hybrid maka signal pengereman pada roda akan mengirimkan signal yang mana motor penggerak akan menjadi berputar terbalik dan menjadi generator. Motor listrik yang menjadi generator akan mengirimkan energi listrik untuk mengisi baterai.

Selama priode inilah roda akan mentransfer energi kinetik atau momentum ke generator. Saat berputar, generator mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Kemudian energi listrik inilah ditransfer ke baterai.

Teknologi regeneratif rem menggunakan sistem kelistrikan yang kompleks, dimana harus bekerja mengatur kerja motor sebagai penggerak dan menjadi generator. Dalam beberapa kasus, biasanya juga menggunakan kapasitor sebagai penyimpan energi listrik  sementara. Dimana jaminan agar tegangan baterai tetap terisi penuh, dan ini sangat membantu pengemudi untuk menempuh jarak yang lebih jauh serta mengurangi gas emisi sampai batas tertentu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *