Apa Itu Teknologi Hill Descent Control Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

  • Whatsapp
 adalah sebuah sistem yang membantu pengemudi yang disediakan Apa Itu Teknologi Hill Descent Control Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Hill Descent Control (umumnya disingkat HDC) adalah sebuah sistem yang membantu pengemudi yang disediakan  pada kendaraan off-road all-wheel-drive seperti pada mobil – mobil SUV ( Sport Utility Vehicle ). Sistem ini akan mulai bekerja jika kendaraan berjalan pada jalan menurun yang curam.

Pada umumnya jika kendaraan melaju pada jalan menurun yang curam, ini akan sangat menyulitkan pada para pengemudi. Alasannya, beban berat pada kendaraan akan memaksa mobil terus meluncur kebawah dan pengemudi harus benar-benar jeli melihat kondisi ini dengan cara harus tetap mengontrol rem dan roda kemudi. Atas dasar inilah, para produsen mobil membuat sebuah sistem kelesamatan tentang ini yang mereka beri nama Hill Desent Control System.

Read More

Fungsi utama HDC adalah untuk membantu pengemudi saat berjalan menuruni jalan menurun yang curam. Cara kerjanya adalah HDC akan membatasi kecepatan kendaraan pada nilai kecepatan yang sudah ditentukan untuk menjamin keamanan. Tujuannya adalah agar pengemudi tidak repot-repot mengatur penekanan pedal rem dan hanya fokus pada pengendalian roda kemudi. Dengan demikian, pengemudi akan mendapatkan pengontrolan kendaraan yang lebih baik.

Pada proses kerjanya HDC akan bekerja dengan sistem input yang didapatnya dari Traction Control, Antil-ock Brake System  (ABS)  dan Speed Sensor. Tugas kesemuanya adalah mencegah roda terkunci karena ini membahayakan dan  untuk mengetahui kecepatan puratan roda apakah sesuai dengan sudut turunan jalan yang sedang dilewati.

 adalah sebuah sistem yang membantu pengemudi yang disediakan Apa Itu Teknologi Hill Descent Control Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Cara mengaktifkan mode Hill Descent Control  pun sangat mudah yaitu tekan tombol HDC. Jika HDC sudah aktif, kecepatan kendaraan pun akan dibatasi maksimal hanya 7 Km/ jam bahkan bisa jadi lebih rendah.

Sistem HDC ini sangat bermanfaat, apalagi jika kendaraan melewati jalanan turunan yang licin, bersalju, berkerikil dan sejenisnya. Sedangkan untuk menonaktifkan mode HDC adalah dengan menekan pedal rem atau pedal gas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *