Apa Itu Teknologi Daytime Running Light ( DRL ) Pada Mobil ?

  • Whatsapp

Selain kenyamanan, keamanan berkendara adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi setiap pengendara. Oleh karena itu semakin hari teknologi yang berkembang pada sebuah mobil semakin canggih akan hal – hal yang erat dengan keselamatan pengemudi atau orang disekitarnya. Salah satu teknologi yang berkaitan dengan kemanan ini adalah dengan adanya teknologi DRL ( Daytime RUnning Light ). Ini adalah sebuah lampu yang menyatu dengan lampu kepada ( Headlamp), dimana DRL akan terus menerus hidup ketika kendaraan ON, dan akan mati ketika lampu depan dinyalakan. Jadi lampu ini adalah mirip – mirip dengan aturan penggunaan lampu kepala sepeda motor di Indonesia.

Read More

Bedanya, jika pada sepeda motor lampu kepala yang menyala, sedangkan DRL lampunya terpisah. Jenis warna yang dikeluarkan oleh lampu DRL berbeda – beda tergantung Negara dimana mobil tersebut digunakan. Seperti warna putih atau kuning yang pada fungsi utamanya adalah untuk memberitahu kepada pengendara didepan akan keberadaan kendaraan tersebut.

Pada awal-awal perkembangan teknologi DRL hanya berada pada negara – negara yang mempunyai visibilitas yang buruk karena faktor cuaca yang ekstrim ( seperti musim salju ). Ini akan berdampak terhadap daya pandang pengemudi terhadap benda-benda didepannya. Oleh karena itu teknologi ini sangat cocok untuk diterapkan pada setiap kendaraan. Karena dinilai berhasil, akhirnya teknologi inipuin diterapkan di Rusia, Eropa dan Amerika. Bagaimana dengan Indonesia ? di negara kita teknologi ini masih sangat jarang kita jumpai, namun mobil – mobil pabrikan Eropa yang masuk ke Negara kita seperti BMW dan Mercedes menggunakan teknologi ini. 

 keamanan berkendara adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi setiap pengendara Apa Itu Teknologi Daytime Running Light ( DRL ) Pada  Mobil ?
Beberapa kondisi perbandingan mobil yang menggunakan DRL

Ada beberapa teknik yang digunakan oleh setiap pabrikan untuk menggunakan teknlogi DRL ini pada lampu kepala ( Head Lamp ), seperti
a. Menggunakan lampu kepala jarak pendek
b. Menggunakan lampu foglamp
c. Menggunakan lampu kepala jarak jauh, tetapi dengan intensitas cahaya yang rendah

Pada perkembangan awalanya, lampu DRL menggunakan Bohlam, namun sekarang sudah diganti dengan jenis lampu LED. 

seperti diawal yang saya katakan bahwa DRL berfungsi sebagai pengamanan bagi pengendara lain akan keberadaan mobil ini di siang hari. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan tekologi DRL memiliki manfaat yang besar akan keselematan, seperi :

a. pengemudi dapa mengenali lebih baik bahkan dari jarak yang lumayan jauh
b. Meminimalisir akan terjadinya kecelakaan
c. Ternyata DRL juga sudah menjadi style pada pada kendaraan-kendaraan modern. Dimana desainer dapat memberikan tampilan yang lebih agresif pada sisi eksterior akan keberaan teknologi ini.

Disisi lain, bahwa ada yang mengatakan justru DRL menimbulkan bahaya karena cahaya yang ditimbulkan pada siang hari mengakibatkan silau terhadap pengemudi lain. Dan ini sangat menggangu serta menimbulkan resiko kecelakaan.

Terlepas dari itu semua, DRL masih tetap digunakan oleh banyak mobil – mobil  mewah seperti BMW, Mercedes Audi dan lain-lain. Itu artinya, kebermanfaatn teknologi ini lebih banyak dibanding persepsi akan kekurangannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *