Apa Itu RPM ( Round Per Minutes ) Pada Mesin Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

  • Whatsapp
 Berbicara putaran mesin maka itu akan berkaitan dengan RPM  Apa Itu RPM ( Round Per Minutes ) Pada Mesin  Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?
RPM pada Dasbord Mobil

Berbicara putaran mesin maka itu akan berkaitan dengan RPM ( Round Per Minute ). Ada sebagian orang yang menyebutkan sebagai tacho meter. Tapi fungsinya sama yaitu mengukur putaran mesin dalam satuan menit.

Hampir semua mobil mempunyai RPM sebagai indikator sebagai pengontrol pengendalian tenaga, perpindahan gigi dan power maksimal yang akan dikeluarkan. RPM terpasang pada dasbord menyatu dengan odo meter, meter bahan bakar dan sign lampu-lampu.

Read More

Jadi sederhannya RPM adalah ibarat seseorang yang mengelilingi lapangan bola. Jika dalam 1 menit ia dapat mengelilingi lapangan bola tersebut, maka kecepatan dia adalah 1 RPM = 1 putaran per menit ( memutari lapangan ).  Contoh sederhana pada gambar dibawah ini ya,

Analogi RPM

Dari analogi diatas, sekarang kita kaitkan dengan mesin. Jadi, apabila RPM pada mesin menunjukkan 1000 RPM, itu artinya putaran mesin dalam 1 menit adalah 1000 x putaran. Wow.. kenceng banget kan,

Umumnya, RPM ditunjukkan dalam satuan x 1000 ( kali seribu ). Maksudnya disini adalah jika jarum penunjuk menunjuk pada angka 2 berarti kondisi saat itu ada pada RPM 2000. Banyak baprikan yang masih menggunakan jenis RPM analog yang menggunakan jarum, namun ada juga yang menggunakan jenis digital.

Hal salah kaprah yang harus kita ketahui bahwa tenaga yang besar tidak sebanding lurus dengan RPM yang tinggi. Jadi, untuk mendapatkan tenaga yang besar pada mesin, tidak harus digas pol, karena memang setiap kendaraan akan mengeluarkan tenaga yang besar pada RPM tertentu saja.

Sebagai contoh kita akan melihat tenaga maksimal pada mesin Mitsubishi Expander,

Tabel spesifikasi mesin mobil X Pander

– Dapat kita lihat pada kolom hitam menyatakan bahwa tenaga maksimum 77 Kw / 104 Ps akan dikeluarkan pada RPM 6000.

– Sedangkan pada kolom merah menyatakan bahwa torsi maksimum ( tenaga putaran awal ) akan dikeluarkan sebesar 141 Nm ( Newton Meter ) pada RPM 4000.

– Walaupun kenyataannya panel RPM maksimum yang ada pada Mitsubishi X Pander adalah 8000 RPM.

Namun, batas maksimum yang ditandai dengan garis merah berada pada RPM 6500. Itu artinya, kita sebagai pengemudi tidak diperbolehkan menekan pedal gas hingga batas tersebut. Karena hal ini akan mengakibatkan over running (putaran berlebih ) pada mesin dan dapat merusak komponen – komponen mesin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *