Apa Itu Kerb Weight, Gross Vehicle Weight Dan Dry Weight Pada Kendaraan ?

  • Whatsapp

Kerb Weight / Curb weight
Kerb Weight ( British English ) atau orang sering juga menyebutnya Curb Weight ( American English ) adalah berat total pada setiap kendaraan yang dihitung berdasarkan perlatan standar pada mobil tersebut seperti bahan habis pakai ( bahan bakar, oli mesin, oli transmisi, air pendingin, Freon AC) dan juga terkadang dihitung berat penuh kondisi bahan bakar pada tangki. Ini tidak termasuk penumpang / barang yang diangkut.

Kerb Weight / Curb weight jika kita artikan secara harfiah ke bahasa indonesia adalah berat bersih. Kerb wieht / Curb weight berlaku untuk kendaraan roda 2 atau roda empat dan ini merupaka pengetahuan mendasar mengenai spesifikasi pada kendaraan.

Read More

 adalah berat total pada setiap kendaraan yang dihitung berdasarkan perlatan standar pada  Apa Itu Kerb Weight, Gross Vehicle Weight Dan Dry Weight  Pada Kendaraan ? Perhitungan untuk menentukan kerb weight pada kendaraan di setiap negara mempunyai standar yang berbeda – beda, contohnya pabrikan Eropa memasukkan berat pengemudi dalam menghitung ini yang mereka asumsikan beratnya 75 Kg. Sedangkan pada pabrikan lain, berat pengemudi malah dihilangkan dan tidak masuk dalam hitungan kerb weight.

Gross Vehicle Weight
Gros vehicle weight ( berat kotor ) adalah berat yang  mengacu pada berat total mobil ketika telah ditambahkan  penumpang ataupun barang. GVW mempunyai peranan penting akan keselamatan dalam berkendara, mengapa demikian ? karena ini berkaitan erat dengan beban maksimal yang dapat diangkut pada kendaraan tersebut. Oleh karena itu, pengemudi harus benar-benar memberi perhatian khusus pada barang yang akan diangkut untuk mencegah kendaraan overload ( kelebihan beban ). B

 adalah berat total pada setiap kendaraan yang dihitung berdasarkan perlatan standar pada  Apa Itu Kerb Weight, Gross Vehicle Weight Dan Dry Weight  Pada Kendaraan ?

Dry Weight
ketika sepeda motor  atau mobil dan  apa pun itu yang berkaitan dengan perakitan komponen, maka ada beberapa komponen yang didalamnya tedapat cairan. Nah yang dimaksud berat kering adalah berat komponen yang dihitung hanya berat logam, karet dan sejenisnya yang tidak ada cairannya. Ini adalah bera paling mendasar dari sebuah mobil atau sepeda motor selama perakitan tetapi itu belum bisa digunakan. Setelah ditambahkan cairan, maka beratnya pun akan bervariasi, tetapi berat kering ( dry weight ) tidak akan pernah berubah sama sekali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *