Apa Itu Katup / Klep Pada Mesin ?

  • Whatsapp
 Mesin adalah gabungan dari beberapa komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga Apa Itu Katup / Klep Pada Mesin ?

Mesin adalah gabungan dari beberapa komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga. Terkhus pada mobil, mesin yang digunakan adalah mesin jenis pembakaran dalam. Yang mana proses terjadinya pembakaran berada pada lubang silinder mesin.

Pada mesin pembakaran dalam, terdapat 2 jenis mekanisme kerja yaitu mesin 4 langkah dan mesin 2 langkah. Namun kebanyakan yang digunakan pada mesin mobil adalah mesin 4 langkah. Mesin ini dinilai lebih efisien dan tidak menimbulkan racun dari gas pembuangan jika dibandingkan dengan mesin 2 langkah, sehingga sampai saat ini jenis mesin 4 langkah masih tetap eksis diguankan.

Read More

Terkhusus pada mesin 4 langkah, pada mekanisme kerjanya mesin ini mempunyai katup / klep / valve yang terletak pada bagian atas silinder. Katup yang ada pada mesin terdiri dari 2 jenis yaitu katup masuk ( Intake Valve ) dan katup buang ( Exhaust Valve ).

Fungsi katup masuk adalah untuk membuka dan menutup saluran masuk campuran udara dan bahan bakar ( pada mesin bensin ) atau udara murni ( pada mesin diesel).

Sedangkan fungsi katup buang adalah sebagai kran untuk membuka dan menutup saluran pembuangan sisa-sisa gas pembakaran yang ada pada ruang silinder.

Pada mobil – mobil terdahulu, katup harus distel celahnya. Ini berguna untuk memaksimalkan waktu kerja katup yang sesuai dengan standart mesin tersebut. Efeknya akan sangat terasa pada tenaga yang dikeluarkan.

Sedangkan pada mobil – mobil terbaru saat ini, celah katup sudah tidak perlu dilakukan penyetelan celahnya. Ini karena sudah ada teknologi yang bisa bekerja secara otomatis menyetel celah katup dengan baik.

Bekerjanya katup karena adanya dorongan knop oleh poros camshaft, yang mana camshaft dihubungkan ke crankshaft (poros engkol). Mekasnisme yang digunakan untuk menghubungkan camshaft ke crankshaft ada 3 yaitu :

1. Belt  ( Sabuk )
2. Gear ( Roda gigi )
3. Chain  ( Rantai )

Seperti pada gambar dibawah ini

Pada setiap silinder terdapat beragam jumlah katup, mulai dari 2 ( 1 katup masuk, 1 katup buang ), 3 ( 2 katup masuk, 1 katup buang ), dan 4 ( 2 katup masuk, 2 katup buang ).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *