Apa Itu Free Play Pada Pedal Kopling ?

  • Whatsapp

Pedal kopling adalah komponen yang menghasilkan tekanan hidraulik dari master cylinder dengan kekuatan dari tekanan injakan pedal oleh pengemudi.  Tekanan hidraulik  yang terbentuk pada master silinder akan diteruskan ke  release cylinder yang akhirnya akan menekan kopling agar  dapat menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin.

Oh ya, bagi yang belum paham bahwa pedal kopling itu digunakan pada mobil – mobil yang masih menggunakan transmisi manual, yang mana pada proses pemindahan kecepatan harus diimbangi dengan penekanan pedal. Jadi, jika kendaraan tersebut sudah menggunakan transmisi automatic maka pedal kopling jelas tidak ada.

Read More

Fungsi Free Play 

Free play pedal kopling adalah jarak bebas saat pedal kopling mulai ditekan hingga release bearing mulai menekan diaphragm spring. Ketika disc clutch aus, free play akan berkurang ( semakin kecil ). Jika keausan  disc clutch terus bertambah hingga tidak ada lagi free play, maka akan mengakibatkan kopling selip.

Karena itu, sangat penting untuk menyetel panjang push rod pada release cylinder agar free play  pedal kopling terpelihara  dengan baik. Saat ini banyak dipakai release cylinder yang dapat melakukan penyetelan sendiri, sehingga free play pedal kopling tidak dapat diatur melalui baut stopper pedal, tetapi free play  pedal disesuaikan dengan mengatur panjang push rod.

Jenis – Jenis Pedal Kopling

  • Pedal Kopling Tipe Turn-Over 

Peda Kopling tipe turn over adalah pedal kopling yang menggunakan gaya pegas untuk mengurangi gaya pengoperasian sehingga hal ini akan memudahkan pengemudi dalam menginjak pedal.Ketika pedal ditekan dan berada pada posisi tertentu, arah gaya operasi pegas berubah dan ditambahkan dengan kekuatan penekanan.

Pegas dipasang di antara pedal kopling dan pedal penunjang, gaya yang bekerja pada pegas untuk menjaga perpanjangannya secara konstan. Ada berbagai macam tipe pedal kopling model turn-over dengan konstruksi-konstruksi yang berbeda.

.

  • TFT ( Toyota Free Tronic )

TFT (Toyota Free-Tronic) tidak memiliki pedal kopling dan terdiri dari bagian-bagian di dalam diafragma di bagian kiri sebagai tambahan dari konstruksi kopling konvensional. Ketika perseneling dioperasikan, ECU TFT akan mengontrol actuator hidraulik  berdasarkan sinyal dari sensor dan switch untuk mengirimkan tekanan hidraulik ke release cylinder untuk mengoperasikan kopling secara langsung .
Karena dilengkapi dengan kontrol pelindung, TFT akan mengingatkan pengemudi dengan buzzer ( Bunyi)  dan lampu indikator untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan kopling.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *