Apa itu Akselerasi dan Deselerasi ?

  • Whatsapp
Kecepatan Speedometer

Mungkin sebagian dari kita orang awam sering mendengar kata akselerasi dan deselari. Terutama di dunia otomotif, kedua hal ini sangat sering diperbincangkan. Apalagi jika kita sedang melihat kompetisi-komptesi balap mobil dan motor, maka komentator akan selalu mengulang-ulang kata akselerasi dan deselerasi.

Keduanya berhubungan dengan sebuah kecepatan pada kenderaan. Istilah-istilah ini dalam bahasa Indoensia memang tidak ditemukan. Namun lebih familier menggunakan bahasa Inggris.

Read More

Akselerasi yaitu sebuah kecepatan kendaraan dari kecepatan  rendah ke kecepatan tinggi. Sebagai contoh : Budi mengendarai mobil dari kecepatan 10 Km / jam dan menekan pedal gas hingga kecepatannya berubah menjadi 50 Km / jam.

Itu artinya, Budi sedang melakukan akselerasi pada kenderaan yang ia kemudikan. Mengapa ? karena budi menambah kecepatan mobil dari keceparan rendah ke kecepatan tinggi.

Sebaliknya, deselerasi yaitu dimana sebuah kendaraan mengurangi keceparan dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah. Sebagai contoh ; Budi mengendari mobil dengan kecepatan 80 Km / jam, namun karena didepan ada kemacetan, maka ia mengurangi kecepatannya menjadi 20 Km /jam.

itu artinya, Budi sedang melakukan deselerasi pada kendaraan yang ia kemudikan. Mengapa ? karena Budi mengurangi kecepatan kendaraan dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah.

Sekarang anda sudah paham kan ? semoga selalu berhati-hati dalam bekendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *