Alat – Alat Pelindung Keselamatan Kerja Yang Digunakan Pada Bidang Otomotif

  • Whatsapp

Ketika kita berbicara keselamatan kerja maka kita pasti akan berhadapan dengan kecelakaan. Karena memang sejatinya kecelakaan tidak dapat dihindari, melainkan hanya bisa diminimalisir. Setiap pekerjaan pasti mengandung resiko dan resiko ini beragam macam dampaknya. Oleh karenya para pekerja harus selalu mentaati setiap peraturan keselamatan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Beragam macam alat-alat pelindung kecelakaan yang ada saat ini, namun terhusus pada artikel ini saya hanya akan membahas mengenai alat pelindung kecelakaan yang digunakan dibidang otomotif terkhusus bagi para mekanik.

Read More

Secara umum alat – alat pelindung keselamatan kerja yang digunakan pada bidang otomotif terbagi mejadi 2 yaitu :

1. Alat pelindung keselamatan pada kendaraan
Alat – alat yang digunakan untuk keselamatan pada kendaraan yaitu :

  • Fender Cover berfungsi untuk melindungi bagian dinding bonet kendaraan yang dipasang pada bagian  kanan, kiri dan depan
  • Seat Cover berfungsi melindungi tempat duduk dari kotoran yang bersumber dari baju mekanik atau sejenisnya
  • Steering Wheel Cover berfungsi melindungi roda kemudi agar tidak mudah kotor
  • Floor Mat berfungsi sebagai pelindung lantai kendaraan yang dipasang hanya pada bagian pengemudi saja.
Untuk mengenal jenis – jenis pelindung kendaraan, pada artikel sebelumnya telah saya tulis Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service.

2.Alat pelindung keselamatan pada manusia
Sedangkan alat pelindung keselamatan pada manusia tidak semua alat pelindung keselamatan digunakan. Adapun alat – alat keselamatan kerja tersebut yaitu :

a. Helm


Helm digunakan oleh para mekanik ketika bekerja pada posisi mobil diatas ( mobil dinaikkan pada lift ). Namun sebagian industri otomotif eropa seperti BMW atau Merdedes tidak mengharuskan para mekaniknya menggunakan helm ketika bekerja dibawah mobil. Ini karena desain bagian bawah kendaraan mereka ditutupi oleh oleh pelapis sehingga meminimalisir terjadi benturan benda dengan kepala mekanik.

b. Sepatu Safety


Sepatu safety sudah menjadi alat pelindung yang wajib digunakan oleh para mekanik diarea bengkel. Banyak fungsi yang diperoleh ketika menggunakan sepatu safety ini. Seperti tidak mudah terpleset karena lantai yang licin bekas tumpahan oli. Bagian ujung sepatu yang dilindungi oleh besi akan melindungi kaki mekanik dari kejatuhan benda-benda keras atau terlindac.

c. Kacamata


Pada saat menggerinda atau membersihkan busi menggunakan mesin pembersih maka wajib menggunakan kacamata. Selain itu pekerjaan yang wajib menggunakan kacamata adalah memukul komponen dengan palu. Tujuaannya agar partikel – partikel logam yang tekelupas tidak mengenai mata.

d. Sarung tangan


Sarung tangan hanya digunakan untuk memegang komponen – komponen yang panas. Penggunaan sarung tangan tidak diperkenankan untuk menyetel benda – benda yang berputar karena hal ini sangat berbaha. Dikhawatirkan sarung tangan akan tersangkut dan menimbulkan kecelakaan pada komponen yang berputar.

e. Masker


Masker yang digunakan oleh para mekanik  adalah jenis  masker biasa, berbeda dengan para pekerja pengecat bodi kendaraan yang menggunakan masker khusus ( respirator ).

f. Ear Plus / Ear Muff


Penutup telinga ini sebenarnya jarang digunakan oleh mekanik. Pihak bengkel pun bisanaya juga tidak menyediakan alat ini. Namun sebagian ada juga yang menyediakannya yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang menimbulkan suara tinggi, seperti menggerinda dan sejenisnya.

Demikian alat – alat pelindung keselamatan yang digunakan pada bidang otomotif. Jika kalian bercita -cita menjadi mekanik, mengtahu hal ini adalah penting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *