7 Tips Untuk Mecegah Mobil Anda Terhindar Dari Gelaja Limbung ( Body Roll )

  • Whatsapp

Kenyamanan dalam berkendara memang sangat penting. Kondisi ini harus tetap dipertahanakan untuk menjaga rasa kenyamanan dalam berkemudi. melakukan perawatan berkala dan segera memperbaiki komponen yang rusak adalah cara terbaik untuk memaksimalkan kerja kendaraan.

Namun apa jadinya jika sebuah kendaraan mengalami kerusakan yang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam berkemudi ? tentunya hal ini sangat mengesalkan. Bukan hanya itu, rasa cepat lelah atau bahkan mabuk kendaraan bisa saja dialami oleh para penumpang didalamnya.
t
Salah satu kerusakan yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan dalam berkendara adalah mobil limbung atau dalam bahasa tekniknya adalah body roll. Dimanan pada kondisi ini mobil mengalami gaya lembar keluar arah lintasan saat dibawa manuver.  Misal ketika mobil berbelok kearah kanan dengan kecepatan yang tinggi maka seakan – akan mobil mengalami gaya terlempar keluar. Dan parahnya, mobil – mobil yang mengalami hal ini adalah mobil – mobil yang mempunyai ground clearence  ( jarak dari tanah ke bodi kendaraan ) yang besar. Tentunya mobil – mobil SUV atau MPV yang paling kerasa dibanding dengan mobil sedan.

Read More

Lalu apa yang harus dilakukan jika mobil anda mengalami gelaja limbung ( body roll ) ? berikut 7 tips yang bisa dilakukan agar mobil anda terhindar dari gejala limbung.

1. Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Oleh karena setiap mobil mempunyai sistem dan teknologi yang berbeda – bedapada bagian suspensinya. Maka disarankan untuk mengikuti buku panduan yang tersedia.

2. Lakukanlah rotasi ban secara benar dan teratur, sehingga keausan yang terjadi pada kesemua ban menjadi sama dan merata. Untuk mobil dengan penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5000 km. Bagaimana cara merotasi ban yang baik ? pada artikel sebelumnya kami terlah mengulasnya ” Cara merotasi ban yang baik dan benar

3. Pasanglah roda dengan mengikuti petunjuk arah putar ban yang tertera pada bagian dinding ban ( Side wall ) dan berikan tekanan angin sesuai dengan anjuran pada buku panduan.

4. Sebelum melakukan spooring dan balancing, alangkah baiknya anda lakukan pemeriksaan terhadap semau kondisi ban, pelek, suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, kondisi chasis dan bodi kendaraan.

5. Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang baik, yakinkanlah bahwa bengkel yang anda kunjungi memiliki peralatan standart yang sesuai dengan mobil anda. Juga tidak ada salahnya jika anda menanyankan dulu ke pihak bengkel.

6. Hindari menggnati ban dengan menggunakan ban bekar, walaupun harganya lebih murah namun resiko keselamatannya tidak dapat terjamin.

7. Apabila ban mobil anda bocor, maka segeralah ganti dengan ban cadangan. Terkadang ban cadangan pada mobil ukurannya lebih kecil dari ukuran standart, jika ini terjadi maka pasanglah ban tersebut sampai anda menemukan tambal ban. Aturlah kecepatan kendaraan anda bibwah kecepatan rata-rata.

Nah itulah 7 tips yang bisa kalian lakukan untuk mencegah mobil anda terhindar dari gejala limbung ( body roll ).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *