6 Tips Cara Berkendara Aman Pada Malam Hari

  • Whatsapp

Berkendara pada malam hari memang memiliki tantangan tersendiri. Banyak dari kita memilih melakukan perjalanan jauh pda malam hari, ini memang sangat berasalan. Karena memang pada malam hari keramaian lalu lintas tidak seperti pada siang hari, secara psikologis itu sangat baik. Namun disatu sisi sebenarnya ada banyak malasah yang harus kita hadapi ketika kita berkendara pada malam hari. Dimalam hari tingkat penglihatan semakin berkurang dan ini harus kita atas dengan beberapa tips agar aman saat berkendara pada malam hari.

Menurut sebuah studi industri yang dikutip oleh MADD, 7 dari 10 pengemudi di AS mendapatkan pengendara yang cemas pada malam hari karena kurangnya jarak pandang, dengan 40% pengemudi yang disurvei khawatir akan menabrak seseorang atau hewan, dan 25% khawatir akan hilang kendali. Meskipun ketakutan Anda benar-benar normal, Anda tidak dapat menghindari mengemudi setelah matahari terbenam, terutama selama musim dingin. Lihat enam kiat berikut untuk membantu Anda berkendara lebih aman (dan lebih bebas khawatir) pada malam hari.

Read More

1. Matikan Lampu Cabin & Redupkan lampu dasbor Anda
Jika lampu lampu cabin anda hidup atau lampu dasbor yang menyala terang, anda mungkin tanpa sadar telah mengorbankan visi keselamatan dalam berkendara. Tingkat fokus anda akan terganggu jika ada pantulan cahaya dari luar akibat cahaya pada cabin kendaraan anda yang juga terang.


2. Sesuaikan lampu Anda dan jagalah agar tetap bersih
Tahukah kamu, mengapa lampu kendaraan anda bisa tiba – tiba mati ? ini mungkin butuh analisa yang lama namun salah satu penybabnya adalah kondisi lampu yang kotor. Bersihkan lampu tersebut sebelum anda melakukan perjalanan pada malam hari. Selain itu sesuaikan tinggi lampu agar tidak mengganggu kendaraan lain. Penyetelan dapat anda lakukan dengan menggunakan obeng, namun jika kesulitan bawalah mobil anda ke bengkel terdekat.

3. Menghindari kontak langsung dengan cahaya lampu didepan
Apakah anda tahu, ternyata kebutaan sementara dapat diakibatkan dari cahaya kilat  pada lampu kamera. Cahaya terang yang kontak langsung dengan mata itu akan menimbulkan bahaya, segeralah memalingkan penglihatan anda jika lampu kendaraan tepat menyorot mata anda. Ini akan sangat mengganggu dan menghiolangkan fokus berkendara.

4. Menggunakan lensa anti silau pada kacamata
Jika anda mempunyai masalah dengan penglihatan, berkonsulasinya segera dengan dokter. Namun jika anda tetap untuk memaksakan, cobalah memilih lensa kacamata anti silau yang dapat anda gunakan saat mengemudi pada malam hari.

5. Bersihkan kaca depan Anda.
 Debu dan noda di kaca depan Anda mungkin tidak menyebabkan masalah apa pun di siang hari, tetapi itu adalah cerita yang berbeda di malam hari. Garis-garis ini dapat menyebabkan silau dari lampu depan, membuat mengemudi malam sangat sulit. Tahukah kamu? Jika Anda kekurangan bahan untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lapisan susunan koran.

6. Pelan – pelan.
Ini merupakan solusi tekahir yang dapat anda lakukan, karena dengan berkendara secara pelan – pelan maka kontrol kendaraan akan semakin mudah. Selain itu, faktor – faktor ekternal yang dapat menggagu konsentrasi secepat mungkin dapat ditangani. Menjaga jarak pandang dan jarak mobil dengan yang lain.

Dapat dimengerti bahwa saat jarak pandang menurun, saraf Anda dapat meningkat, terutama jika Anda seseorang yang baru mengemudi atau kondisi cuaca musim dingin. Dengan menggunakan kiat-kiat ini saat Anda berkendara dalam kegelapan, Anda dapat membantu menenangkan kekhawatiran Anda saat mengemudi di malam hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *