6 Langkah Mudah Dan Sederhana Proses Penggantian Ban Mobil Bagi Pemula

  • Whatsapp

Mengganti ban adalah proses yang terbilang mudah dan sangat gampang. Kita tidak harus berpikir perih hanya untuk sekedekar melepas ban yang bocor dan menggantinya dengan ban cadangan yang ada pada kendaraan. Tidak ada yang sulit, hanya sedikit membutuhkan tenaga dan proses yang benar. Peralatan yang digunakanpun tidak terlalu banyak, semua peralatan biasanya tersedia pada semua mobil dan  sudah ada bawaan pada kendaraan anda.

Namun apa jadinya jika hal ini terjadi pada orang – orang yang belum pernah dan tidak berpengalaman saat mengganti ban. Tentunya akan merepotkan dan membutuhkan tenaga ekstra hanya untuk sedekar membongkar dan memasang ban.

Read More

7 Langkah mudah dan sederhana proses penggantian ban mobil bagi para pemula menjadi petunjuk untuk melepas dan memasang ban pada kendaraan anda. Sebelum anda melakukan pembongkaran ban mobil, pastikan kendaraan anda berada pada jalan yang rata, jangan memaksakan mengganti ban pada posisi kendraan pada jalan yang miring karena ini akan menimbulkan bahaya.

Adapun alat – alat yang dibutuhkan yaitu :
a. Dongkrak
b. Kunci roda
c. Ban Cadangan

1. Kendorkan Mur Roda Menggunakan Kunci Roda

Kendorkan mur roda dengan menggunakan kunci roda. Bukalah dengan pengendoran yang secukupnya, pengendoran dilakukan dengan cara berhadapan pada setiap mur.

2. Angkat Kendaraan Dengan Dongrak

Pilihkan bagian rangka mobil yang keras untuk meletakkan plat penyangga dongkrak. Naikkan secara berlahan dan pastikan mobil tidak bergeser.

3. Lepas Mur Roda 

Setelah roda terangkat, selanjutnya lepas semua mur roda yang masih menempel pada velg.

4. Ganti Dengan Ban Cadangan 

Ban bocor yang sudah terlepas ganti dengan ban cadangan pada mobil anda.

5. Pasang Dan Kencangkan Mur Roda

Pasang mur pada ban bocor yang sudah diganti, lakukan proses pengencangan sementara.

6. Turunakan Kendaraan Dan Pastikan Mur Sudah Kencang

Pada tahap akhir, pastikan mur roda sudah terpasang dengan kuat. Untuk memastikan ini, anda bisa menggerakkan roda tersebut dengan memutar roda kemudi untuk ban bagian depan atau menjalankannya sedikit untuk ban roda belakang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *