5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik

  • Whatsapp
Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama 5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik
Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama

Tidak terasa sebentar lagi lebaran akan tiba dan semua masyarakat muslim khusunya menyambutnya dengan rasa suka cita. Keluarga yang tinggal jauh dari sanak saudara tentunya sudah mempunyai rencana mudik yang dipersiapkan jauh – jauh hari. Di Indonesia, momen mudik merupakan momen – momen yang paling di tunggu – tunggu bagi para perantauan.

Beragam cara masyarakat Indonesia menikamti mudik lebaran, seperti menggunakan sepeda motor, mobil atau angkutan lain yang sesuai dengan kemampuan ekonomi masing – masing. Beruntung bagi yang mempunyai mobil, karena dengan demikian proses mudik jadi lebih mudah dan tenang karena dapat mengatur sendiri rencana apapun yang akan dilakukan.

Read More

Terkadang bagi para pemilik mobil juga sebagian memilih menggunakan transportasi lain dan memilih untuk meninggalkan mobilnya dirumah. Hal ini dipilih karena mungkin jarak yang sangat jauh ( antar pulau ) atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk mengendarai mobilnya.

Oleh sebab itu meninggalakn mobil dalam waktu lama saat ditinggal mudik juga harus diperhatikan agar tidak terjadi hal – hal yang diinginkan ataupun menimbulkan kerusakan saat akan digunakan kembali.

Kali ini kami memberikan 5 Tips Meninggalakn mobil dalam waktu lama saat di tinggal mudik.

1. Memilih Tempat Yang Baik

Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama 5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik
Memilih lokasi penyimpanan mobil yang baik

Jika dirumah sudah mempunyai garasi maka ini sudah menjadi point plus, karena sudah menjajikan tempat yang nyaman dan  aman bagi mobil anda. Namun apa jadinya bagi mereka-mereka yang belum mempunyai garasi ? maka memilih menyimpannya ditempat parkir berbayar adalah solusinya. Pilihlah lokasi tempat parkir dengan kondisi tertutup. Dengan demikian, kita tidak akan kwhawatir kan cuaca yang terjadi. Sebaliknya, jika anda tetap untuk meletakkannya dirumah, maka menutup mobil dengan cover adalah hal yang harus anda lakukan. 

2. Melepas Terminal Negatif Baterai

Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama 5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik
Melepas Terminal Negatif Baterai


Baterai
berfungsi sebagai pemasok utama tegangan ke setiap komponen kelistrikan. Meninggalkannya dalam waktu lama mengakibatkan terjadinya proses pengosongan sendiri pada baterai tersebut. Oleh karena itu melepas terminal negatif baterai adalah salah satu solusinya. Namun perlu diingat, saat mobil akan digunakan kembali ada beberapa komponen mobil yang harus di atur ulang seperti radio ataupun jam.

Bagi sebagian mobil – mobil mewah, ada larangan mencabut terminal baterai secara sembarangan. Ini karena akan berdampak kerusakan pada modul – modul yang terdapat pada mobil. Untuk mengetahui lebih rinci tentang hal ini, anda bisa menghubungi pihak bengkel atau mekanik langganan anda apakah mobil akan aman jika terimnalnya dicabut.

3. Membersihkan Kondisi Kabin

Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama 5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik
Membersihkan kondisi kabin mobil

Maksudnya disini adalah sebelum anda meninggalkan mobil anda dalam waktu lama, pastikan tidak ada perangkat – perangkat tambahan seperti pengecas HP yang masih terpasang, Plasdisk yang masih menempel , CD yang masih berad didalam Audio, semuanya pastikan sudah terlepas dan terususun rapi. Hal ini dikwawatirkan akan memibulkan keruskan pada perangkat tersebut.

Jangan pernah meninggalkan barang – barang berharga, ini dapat memancing seseorang untuk menucri dan merusak mobil anda. Selain itu menegakkan seluruh bangku dan memberisihkan kondisi kabin untuk mencegah bau tidak sedap dikemudian hari.

4. Mengecek Tekanan Ban 

Tips meninggalkan mobil dalam waktu lama 5 Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama Saat Ditinggal Mudik
Memeriksa Tekanan ban 

Tekanan ban yang baik adalah tekanan ban yang jika dipengaruhi oleh suhu tidak menimbulkan kerusan. Untuk melihat konsisi tekanan ban, anda bisa memeriksanya dengan tire pressure gauge atau membawanya ke tukang ban. Jika ban dalam kondisi kempes, segeralah isi sesuai dengan tekanan yang tertera pada mobil. Hal ini untuk mencegah kontur ban agar tidak cepat rusak.

5. Membersihkan Mobil Anda


Pada poin yang terakhir adalah membersihkan mobil anda. Sebelum anda meninggalkannya dalam kondisi lama, pastikan kondisi bodi dan kaki – kaki mobil sudah bersih dan tidak ada lumpur atau kotoran yang menempel. Kotoran yang lama menempel pada bagian bodi akan merusak kondisi cat dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *