5 Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dampak Kerusakan Pada Kenalpot

  • Whatsapp

Kenalpot adalah salah satu komponen terpnting dari sistem pembuangan pada mesin mobil. Fungsi utama dari knalpot adalah untuk meningkatkan tenaga mesin dengan cara meredam suara ledakan yang ditimbulkan akibat dari hasil pembakaran. Selain itu, knalpot juga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar. Oleh karena itu kita harus tahu beragam masalah yang berkaitan erat dengan kenalpot.

Salah satu masalah yang sering ditemukan adalah kerusakan pada lubang knalpot. Jika ini terjadi, maka knalpot anda tidak bekerja dengan baik sehingga akan menggangu sistem pembuangan pada mesin. Ada sejumlah gejala pada knalpot yang harus dianalisa dan segera diperbaiki.

2 fungsi utama dari kenalpot adalah sebagai berikut :

Read More

1. Untuk mengurangi kebisingan dari sistem pembuangan
2. Menyalurkan gas buagn langsung keluar dari mesin

Suara yang ditimbulkan dari kenalpot memang berbeda-beda, teganting dari jenis yang dipakainya. Jangan salah, penggunaan jenis knalpot yang salah justru akan mengurangi performa pada mesin.

Selain itu, ada beberapa dampak yang  ditimbulkan oleh kerusakan knalpot, diantaranya sebagai berikut :

1. Kerja Mesin Menjadi Tidak Seimbang

Salah satu efek utama dari knalpot adalah menyeimbangkan kinerja mesin. Komponen – komponen mesin akan bekerja dengan maksimla sesuai dengan yang diharapkan. Memang tidak mutlak, namun mesin yang bekerja dengan knalpot yang rusak atau sama sekali tidak menggunakan knalpot maka ini akan menimbulkan kerusakan tersendiri ke beberapa komponen mesin. Dampak lain dari pemakaian knalpot yang salah adalah mesin akan mengeluarkan suara tembakan ( meletup ) saat terjadi deselerasai ( dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah ).

2. Tidak Dapat Meredam Suara Dari Sistem Pembuangan

Dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan pada knalpot adalah tidak dapat meredam suara dari hasil pembakaran pada mesin. Anda bisa dengan mudah untuk mengetahui apakah knalpot kendaraan bekerja dengan baik atau buruk dari suara yang ditimbulkan. Jika suaranya terlalu besar dari suara standar maka kemungkinan ada masalah dengan knalpot anda. Segeralah perbaiki ke spesialis untuk mencegah kerusakan-kerusakan yang lainnya.

Suara kasar yang ditimbulkan ini biasanya terjadi karena adanya kebocoran. Karena pada kondisi baik, suara – suara ini akan melewati beberapa rung kecil untuk meredam getaran dari hasil gas pembuangan. Namun dengan adanya kebocoran pada knalpot mengakibatkan terjadinya getaran dan menimbulkan suara kasar.

3. Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap bisa ditimbulkan oleh adanya kerusakan pada knalpot. Ini menunjukkan bahwa fungsi knalpot tidak bekerja secara maksimal, yang mana anda harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi ini sebelum menyebabkan malasah lain yang lebih serius

Bau tidak sedap ini tercipta dari tahanan yang ada pada kenalpot sehingga mengakibatkan gas tertimbun. Semakian tinggi bau tidak sedapnya maka semakin parah pula kerusakan pada knalpot tersebut.

4. Menyebabkan Kondensasi Yang berlebihan

Lubang pada knalpot juga dapat mengakibatkan terjadinya pengembunan. Gas buang akan melewati ruang – ruang kecil didalam kenalpot yang mengakibatkan terjadinya kelembababan disana. Kelembaban yang berlebihan akan mengental dan menjadi cairan. Uap air yang terlalu banyak didalam ruang tersebut berakibat buruk pada permukaan knalpot dan ini tidak baik untuk kerja knalpot. Knalpot yang rusak bisa diakibatkan oleh kelembaban yang tidak bisa keluar dan tetap didalam. Jika uap air terjadi berhari – hari saat musim panas, itu mengindikasikan bahwa knalpot tersebut rusak.

5. Menimbulkan Gas Berbahaya

Salah satu masalah yang diakibatkan oleh kerusakan knalpot adalah emisi gas buang yang berbahaya. Kebocoran pada knalpot akan menyebabkan gas berbahaya masuk ke dalam ruang kabin. Seperti gas Nitrogen oksida, karbon monoksida Ini akan berdampak buruk terhadap para penumpang didalamnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *