4 Cara Menghilangkan Noda Bintik Air ( Water Spots ) Pada Permukaan Cat Mobil

  • Whatsapp
 berbeda dengan perawatan mesin yang jika ada kerusakan masih bisa tertutupi dan tidak sem 4 Cara Menghilangkan Noda Bintik  Air  ( Water Spots ) Pada Permukaan Cat Mobil
Noda Bintik Air Pada Cat Mobil

Perawatan bodi mobil memang gampang – gampang susah, berbeda dengan perawatan mesin yang jika ada kerusakan masih bisa tertutupi dan tidak semua orang tahu akan keruskannya. Namun apa jadinya jika pada bodi mobil kita ada kerusakan ? tentu semua orang akan mengetahuinya dan ini akan memberikan dampak kepada sang pemilikinya.

Masalah yang paling umum menimpa kerusakan cat bodi mobil adalah goresan, pusaran dan noda air yang menjengkelkan bagi pemilikinya. Bagi kalian pemilik mobil harus tahu cara menghilangkan bekas bercak air ini agar tidak membekas dan menimbulkan warna yang kusam pada mobil anda untuk kembali halus dan mengkilab.

Read More

timbulnya noda bintik – bintik pada cat mobil diakibatkan karena tetesan air yang mengering dan menguap di permukaan. Ini terjadi karena tidak langsung dilakukan pembersihan oleh sang pemilik dan timbah kondisi cuaca yang sangat panas. Jika hal ini dibiarkan dapat membahayakan cat mobil, karena kita tidak mengetahui jenis air apa yang mengenai mobil kita ( air biasa atau air yang bisa merusak cat ).Karena air dari sumber alami mengandung mineral dan konsentrasi yang brvariasi dari setiap daerah. Dan kepadatan mineral pada setiap kandungan air akan menentukan seberapa susahnya noda itu dihilangkan.

beberapa jenis air yang bersentuhan dengan cat bodi mobil  yaitu air selang yang diambil dari air sumur, ini mengandung mineral. Air hujan berbeda, karena kemungkinan mengandung polutan udara dan terkadang juga membahawa bahan lain seperti getah pohon yang terikut jatuh dan menganai mobil yang parkir dibawahnya. Sedangkan air pada jalan membawa lumpur, kotoran dan debu jalan.

Bercak air yang menempel terlalu lama pada bodi mobil akan berdampak buruk jika kalian tidak segera menanganinya dengan baik. Jika dibiarkan begitu lama, kerusakan pada cat mobil tinggal menunggu waktu dan kalian harus mengeluarka biaya lebih untuk menghilangkannya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan noda bintik air ( water spots ) pada permukaan cat mobil.

1. Merinci Seprotan

Jika diawal anda sudah mengenai dimana titik-titik noda tersebut, semprotkanlah dengan air untuk menghilangkan nodanya. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda air lunak dan tetap menjahga eksterior mobil bersih dan mengkilap.

Pada langkah akhir, bilaslah menggunakan air yang banyak pada setiap bercak untuk memastikan tidak ada lagi mineral dipermukaan cat.

2. Menggunakan  Cuka



Cuka telah menjadi solusi rumah tangga untuk menghilangkan noda. Cairan dianggap mujarab untuk melaruskan simpanan magensium dan kalsium dan telah lama digunakan oleh para pelukis untuk menghilangkan cat kering dan residu lainnya.

Cara penggunaannya pun mudah, campurkan cuka dalam posri yang sama dengan air biasa. Misal jika cuka yang digunakan 500 ml maka air yang digunakan juga 500 ml. Setelah kedua bahan tercampur, redamlah sepont didalam campuran tersebut. Spont yang sudah teresap dengan larutan ini, selanjutnya dorong spons  pada setiap noda bintik air tetapi jangan dibersihkan. Biarkan cuka mengering sampai beberapa saat. Setelah itu, cuci dan bilas bodi mobil dengan air bersih. Jika nodanya tidak terlalu keras, 1 kali proses sudah cukup untuk membersihkannya. Namun jika noda keras, anda mungkin butuh pengulangan beberapa proses.

3. Menggunakan Pembersih Cat

Industri – industri yang memproduksi cairan pemberih cat telah banyak, beraham merek bisa anda dapatkan di toko.Pilihlah produk dengan kwalitas terbaik untuk menghilangkan bercak noda air pada cat mobil anda.

Gunakan spons untuk membersih daerah yang terkena noda. Tunggu beberapa menit sebelum dibersihkan. Mungkin membutuhkan beberapa kali proses untuk menghilangkan bercak noda air yang menempel.

4. Menggunakan Polisher 



Bagaimana jika dengan semua cara diatas ternyata hasilnya nihil ? ini bisa saja terjadi jika noda yang menempel sudah terlalu keras. Solusinya adalah dengan pemoles ( rabin ) untuk menghilangkannya. Untuk proses ini sepertinya anda tidak bisa mengerjakan sendirian, oleh sebab itu bawalah kendaraan  anda pada bengkel salon mobil dan berkonsultasilah dengan para profesional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *