14 Komponen Pada Safety Work ( Keselamatan Kerja ) Bagi Mekanik Otomotif

  • Whatsapp

Keselamatan kerja menjadi salah satu faktor penting yang harus didahulukan dalam setiap melaksanakan pekerjaan. Jangan lakukan pekerjaan jika pekerjaan itu mengandung resiko yang besar akan keselamatan kita. Karena sesungguhnya kecelakaan itu tidak dapat dihindari, melainkan bisa diminimalisir. Oleh sebab itu mengetahui 14 komponen pada safety work adalah sangat penting demi keselamatan dalam setiap pekerjaan.


1.PENDAHULUAN

Read More

Unsafe condition :

  • Kondisi mesin, alat, instalasi, bahan dll.
  • Lingkungan kerja.
  • Sifat pekerjaan.
  • Kurang memenuhi persyaratan K3.

Unsafe act :

  • Pengetahuan & keterampilan tdk sesuai.
  • Fisik & mental pekerja belum siap untuk tugas-tugasnya.
  • Tingkah laku yang ceroboh.
  • Kurang perhatian/pengawasan.


2.SERAGAM

Penampilan karyawan yang rapi, tapi tidak berarti baik untuk keselamatan, contohnya :Memakai pakaian rangkap akan merasa panas di cuaca  tropis. Menggunakan jam dan bukan safety shoes serta berambut tebal adalah tidak aman.

3.PELINDUNG KEPALA

Gunakan topi atau helm untuk melindungi rambut atau kepala dari bahaya.Rambut yang panjang dapat mengakibatkan bahaya terjadi ketika dekat mesin atau peralatan yang bergerak. Rambut yang pendek lebih baih dan mencegah bahaya.

4.DASI

Jangan menggunakan dasi di area workshop. Hati – hati terhadapa bagian dari peralatan yang bergerak dan berputar  dapat menyebabkan bahaya.

5.PENGGUNAAN KANTUNG

Jangan menempatkan peralatan yang tajam atau runcing Gunakan kantong untuk penempatan ballpoint atau perlengkapan lain yang tidak berbahaya.

Kantong di buat bukan sebagai  tools box, Ini contoh yang jelek. Simpan peralatan dalam  tools box or washing pan.
    

6.PELINDUNG MATA

 Gunakan pelindung mata untuk mencegah mata dari bubuk/butiran besi, material asing ketika melakukan gerinda, memahat dll.Gunakan pelindung untuk mencegah orang lain dari terkena serpihan logam atau bubuk besi.

Tanpa menggunakan pelindung mata dapat menyebabkan serpihan logam melukai mata dan menyebabkan kebutaan. Gerinda meja harus dilengkapi pelindung mata , tapi itu tidak berguna jika teknisi berdiri di samping gerinda. Itu  sangat berbahaya.

Gunakan topeng atau pelindung mata gelap saat melakukan pemotongan metal menggunakan api/ pengelasan utnuk melindungi mata dari radiasi sinar pengelasan.

7.PELINDUNG MEJA KERJA

Keselamatan kerja adalah sangat penting untuk melindungi pekerja dan orang lain dari bahaya/ luka.
Perisai peli
ndung adalah salah satu solusinya.

8.KEBERSIHAN TEMPAT KERJA

Bersihkan lantai bengkel setiap saat dari debu, bubuk logam dsb.
Debu, bubuk logam dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin dan juga membahayakan kesehatan.

9.TEMPAT SAMPAH.

Tempat sampah harus dalam kondisi tertutup.Tempat samaph yanh terbuka, dapat menyebabkan gangguan kesehatan.Jangan gunakan mulut untuk meletakan/menyimpan sesuatu seperti paku, jarum, dsb

10.PENGGUNAAN ALAT KERJA.

Menggunakan palu, periksa kondisi pemasangannya apakah kuat atau tidak , juga periksa pegangannya serta kondisi lainnya dari retak guna mencegah palu terlepas dan melukai seseorang.

Jangan menggunakan pahat yang kondisinya sudah berubah bentuk sehingga akan melukai pemakainya.
File ( kikir ) adalah alat yang di gunakan dengan pemegangnya guna menghindari luka pada tangan penggunanya.Setelah menggunakan, bersihkan kikir dari serbuk besi menggunakan sikat kawat untuk menghindari dari karat.

11.PERTOLONGAN PERTAMA.

Jika sesuatu masuk dalam mata Anda, akan Anda kunjungi tim pertolongan pertama untuk memeriksa secepat mungkin. Ingat buta tidak bisa pulih, pencegahan  kedepan adalah lebih baik daripada pengobatan.

Lebih baik secepatnya untuk mengatasi luka sangat kecil untuk mencegah inpeksi . Perlengkapan Pertolongan pertama ( P3K) harus disediakan di bengkel .

12.AKSESORIS

Cincin dan Jam
Jangan menggunakan cincin ketika bekerja

Sarung tangan
Gunakan sarung tangan ketika bekerja untuk mencegah kemungkinan luka atau celaka pada tangan kita.


13.PERINGATAN BAHAYA.

Montir merangkak di bawah bagian mobil yang di tahan dengan sebuah dongkrak di sebuah bengkel untuk melakukan perbaikan. Ini adalah cara yang bahaya karena kekuatan dongkrak bisa saja turun secara tiba – tiba dan melukai mekanik yang dibawah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *